Daftar Isi
- DEFINISI ALAT ANGKAT DAN ANGKUT
- JENIS - JENIS ALAT ANGKAT DAN ANGKUT
- FORKLIFT
- TRUCK MOUNTED CRANE ( TMC )
- REACH STACKER
MENGENAL ALAT ANGKAT DAN ANGKUT
Selamat dan sukses untuk para pekerja proyek..salam satu proyek...semoga apa yang dilakukan hari akan membawa berkah buat rekan - rekan semuanya, sehat selalu dalam beraktifitas...Salam.
" SAFETY FIRST "
Salam untuk semua pembaca setia artikel AW_Media pastinya sudah tahu ya..tentang judul di atas...yaitu alat angkat dan angkut, bagi rekan - rekan yang belum mengenal..yuu..kita lanjutkan baca artikel ini sampai selesai. Pada artikel sebelumnya saya sudah tuliskan tentang alat angkat 3 jenis alat angkat berat dan alat angkut Jenis alat angkut berat secara terpisah, di artikel ini saya akan jelaskan tentang alat angkat juga digunakan sebagai alat angkut.
DEFINISI ALAT ANGKAT DAN ANGKUT
Definisi alat angkat dan angkut adalah suatu alat atau mesin yang digunakan untuk mengangkat beban, alat ataupun material dan memindahkan dari lokasi satu ke lokasi lainnya dengan jarak yang sudah ditentukan atau ke tempat yang berbeda.
Dibawah ini beberapa kendaraan atau alat yang terkait dengan alat angkat dan angkut.
JENIS - JENIS ALAT ANGKAT DAN ANGKUT
Secara fungsi jenis alat angkat dan angkut adalah suatu alat untuk mengangkat beban dan memindahkan ke lokasi lain. Jenis alat ini secara umum terbagi dua yaitu manual dan otomatis. Apa itu alat angkat dan angkut manual dan otomatis..?
Alat angkat dan angkut manual adalah suatu alat pengangkat dan pengangkut yang dilakukan secara manual, yaitu menggunakan tenaga manusia sebagai pengangkat dan pembawa beban nya, contoh : Hand pallet, Trolley dan sejenisnya, sedangkan alat angkat dan angkut otomatis adalah suatu alat pengangkat dan pengangkut beban menggunakan mesin jadi tenaga manusia hanya digunakan untuk mengoperasikan saja. Alat atau mesin ini secara umum bisa menggunakan energi Bahan bakar minyak, Gas dan listrik. Dibawah ini contoh beberapa alat angkat dan angkut otomatis atau yang menggunakan mesin.
1. FORKLIFT
Jika dilihat dari bahasanya forklift artinya garpu mengangkat, secara definisi forklift adalah alat atau mesin yang digunakan untuk mengangkat beban dan memindahkan dari suatu tempat ke tempat lainnya dengan jarak yang sudah ditentukan atau ke lokasi berbeda. Contohnya mengangkat dan memindahkan benda dari gudang A ke gudang B dengan jarak antar gudang 1 km.
Jenis forklift ini banyak macamnya dengan beban angkat yang berbeda - beda pula, yang umum digunakan mulai dari 3 ton sampai 15 ton. begitu pula fungsinya ada yang digunakan untuk mengangkat beban di atas pallet, peti kemas, drum, kantong material, pipa dan lain sebagainya.
Mari kita sama - sama mengenal apa itu forklift dan bagian - bagian utamanya.
Photo by AW_Media
Berdasarkan laman dari Indotara secara umum forklift terdiri dari beberapa bagian utama, diantaranya yaitu :
Design by AW_Media
Yuu..kita kenalan sama kendaraan angkat dan angkut bergerak jenis forklift ini dengan mengetahui fungsi pada bagian - bagian utamanya.
> MAST
Mast adalah dua buah tiang yang terbuat dari besi yang kokoh yang berfungsi sebagai penyangga forklift sekaligus tempat kedudukan dari carriage, hydrolic lifting system, Backrest dan komponen lainnya.
> BACKREST
Backrest berfungsi sebagai pengaman pada saat forklift membawa beban yang tinggi dan pada saat caariage di miringkan ( tilt ). terbuat dari besi yang kokoh seperti bentuk pagar.
> CARRIAGE
Carriage adalah sebagai penghubung antara fork dengan mast, di tempat inilah fork di tempatkan, bisa di geser ke kanan atau ke kiri sesuai dengan lebar muatan yang akan diangkat. Juga sebagai sandaran atau pengaman pada saat forklift berjalan.
> FORK
Fork adalah bagian penting dari sebuah kendaraan forklift, fork berarti garpu karena berfungsi sebagai pengangkat beban atau sebagai tumpuan beban pada saat diangkat dan bergerak atau berjalan. Fork ini ada bermacam - macam bentuk sesuai dengan penggunaannya, tetapi secara umum fork yang sering kita jumpai adalah berbentuk dua buah besi lurus dengan panjang rata - rata 2,5 meter.
> OPERATOR CABIN
Operator cabin atau di sebut ruang operator adalah tempat operator forklift untuk mengoperasikan kendaraan forklift mulai dari mengangkat sampai memindahkan beban. Ruang operator ini terdiri dari perangkat mekanik mulai dari stir, pedal gas dan rem, tuas untuk naik turun dan tuas untuk miring dan komponen lainnya termasuk perangkat listriknya.
> COUNTER WEIGHT
Counter weight adalah pemberat kendaraan yang ada di bagian belakang dan menyatu dengan body forklifnya. berfungsi sebagai penyeimbang atau menstabilkan forklift pada saat mengangkat dan membawa beban.
Nah..itulaha beberapa keterangan terkait fungsi dari bagian - bagian utama sebuah kendaraan Forklift.
2. TRUCK MOUNTED CRANE ( TMC )
Selanjutnya alat angkat dan angkut otomatis lainnya adalah Truck Mounted Crane atau TMC. Kendaraan ini sangat flexible dan mampu mengangkat dan mengangkut beban berat atau kendaraan berat. Banyak digunakan oleh perusahaan kontraktor, penyewaan alat berat, dan sejenisnya.
Kendaraan ini mempunyai boom lift seperti crane pada umumnya, outriger, tuas pengatur dan kursi operator, semuanya menyatu dengan rangka kendaraan truknya. truknya mempunyai landasan baja yang flat yang berfungsi untuk meletakan alat, material, equipment dan sejenisnya dan di sisi truknya terdapat ring guide atau hook yang berfungsi untuk tempat mengikat beban diatasnya.
Jadi secara fungsi kendaraan ini akan mengangkat beban menggunakan boomliftnya lalu memindahkan ke badan truk yaitu landasan plat baja lalu beban tersebut diikat kuat, jika sudah semuanya aman "safety" kendaraan truk ini akan bergerak memindahkan beban tersebut ke tempat yang dituju atau ke lokasi yang berbeda. Daya angkat sebuah TMC rata - rata dan yang umum digunakan adalah 3.5 ton sampai 15 ton, biasanya jika beban sudah di atas 15 ton, operator akan menggunakan crane untuk mengangkat dan truk trailer untuk memindahkannya.
Photo by AW_Media
Nah...untuk rekan - rekan yang bekerja di proyek, pastinya sudah pada tahu ya..kendaraan alat angkat dan angkut tersebut ( photo di atas ). Seperti biasa kita akan mengenal lebih jauh tentang bagian - bagian utama kendaraan tersebut, di antaranya :
Design by AW_Media
Beberapa fungsi utama dari sebuah kendaraan TMC adalah sebagai berikut :> STEERING CABIN
Steering Cabin atau ruang kemudi berfungsi sebagai tempat operator TMC mengendarai kendaraan tersebut sama seperti kendaraan truk pada umumnya dan tidak ada perbedaan sama sekali.
> OPERATOR CHAIR
Operator chair adalah tempat duduk untuk operator TMC atau operator boom lift, ini yang membedakan antara truk biasa denga truk TMC, karena truk TMC terdapat kursi operator untuk mengoperasikan crane di area belakan steering cabin. Di tempat kursi operator ini terdapat terdapat beberapa tombol dan tuas untuk mengoparasikan crane.
> BOOM LIFT
Boom lift adalah sebuah lengan teleskopik yang dapat dioperasikan maju dan mundur sesuai dengan yang diinginkan, terdapat pulley dan hook untuk mengaitkan wire sling atau webbing sling.
> MAST
Mast adalah sebuah sebuah struktur tiang yang kokoh sebagai tempat kedudukan boomlift, hydrolik, kursi operator, tangga operator serta komponen - komponen lainnya. Selain itu pula terdapat slewing mechanism yang dapat membuat mast tersebut dapat berputar 360 derajat. Mast tersebut bertumpu pada chassis atau rangka kendaraan truk itu sendiri dan diikat dengan baut yang sangat kuat, sehingga kokoh dan stabil.
> OUTRIGGER
Outrigger adalah sebuah tambahan kaki - kaki yang dapat keluar dan masuk menggunakan hydrolik yang terdapat pada TMC tersebut. Fungsi utama outrigger ini adalah untuk menopang dan menjaga kestabilan kendaraan TMC pada saat mengangkat beban dan memindahkan ke area landasan truknya. Sebelum melakukan pengangkatan outrigger akan di keluarkan dan diturunkan sampai badan truknya terangkat, jadi yang menopang truk nya bukan lagi roda kendaraan tapi outriggernya.
> TRUCK BED
Truk bed adalah sebuah landasan flat yang terdapat pada badan truk yang terbuat dari plat baja yang kuat. Fungsi nya adalah untuk menempatkan beban berupa material, alat - alat, mesin dan sejenisnya.
Itulah beberapa fungsi dari beberapa bagian utama dari sebuah TMC atau Truck Mounted Crane, dan masih banyak bagian - bagian lainnya yang sangat penting juga tapi tidak saya jelaskan di sini secara detail.
3. REACH STACKER
Ada lagi kendaraan yang masuk dalam kategori alat angkat dan angkut otomatis yaitu kendaraan Reach Stacker yaitu kendaraan angkat dan angkut ini khusus mengangkat peti kemas atau kontainer dan memindahkan ke tempat lain. Memang kendaraan ini hanya digunakan didalam area saja, maka dari itu kendaraan jenis ini jarang kita temui di jalan - jalan pada umumnya. Kendaraan ini banyak digunakan oleh perusahaan cargo peti kemas, pelabuhan peti kemas, pergudangan khusus peti kemas.
Photo by AW_Media
Secara fungsi hampir sama dengan Forklift pada umumnya, bagian - bagian utamanya terdiri dari, Boomlift, Operator Cabin, Counter weight, Spreader bar, Rotator atau Swing Rotator.Fungsi bagian - bagian utama kendaraan Reach Stacker
Photo by AW_Media
> COUNTER WEIGHT
Counter weight adalah pemberat kendaraan yang ada di bagian belakang dan menyatu dengan body kendaraanmya. berfungsi sebagai penyeimbang dan menstabilkan kendaraan ini pada saat mengangkat dan membawa beban.
> BOOM LIFT
Boom lift adalah sebuah lengan teleskopik yang dapat dioperasikan maju dan mundur sesuai dengan yang diinginkan, boom lift ini ditopang oleh dua buah hydrolik yang berfungsi untuk mengangkat beban dan boom lift itu sendiri. Pada boom lift ini juga terpasang swing rotary dan spreader bar.
> SPREADER BAR
Bagian yang terpasang pada boom lift yaitu spreaderbar yang berfungsi untuk mengangkat peti kemas atau kontainer. Pada spreaderbar ini terdapat empat pengait ( Hook ) yang berfungsi untuk menjepit peti kemas pada setiap ujung - ujungnya. Spreaderbar ini dapat memanjang dan memendek sesuai ukuran peti kemas yang diangkatnya menggunakan system hydrolik yaitu 20 feet sampai 40 feet.
Pada spreaderbar ini juga terdapat swing rotator yang berfungsi untuk memutar dan meratakan spreaderbar pada saat menyusun peti kemas.
Itulah sedikit gambaran mengenai fungsi dari bagian - bagian utama kendaraan reach stacker. Silahkan lihat link video ini tentang Reach Stacker
Baiklah rekan - rekan pembaca setia, selain contoh di atas ada beberapa alat angkat dan angkut lainnya yang tidak saya jelaskan di sini, seperti handpallet manual dan otomatis, forklift khusus pergudangan, dan sejenisnya.
Semoga artikel yang saya tulis ini bermanfaat dan berguna buat rekan - rekan pembaca semuanya dan menjadi sumber inspirasi buat rekan - rekan yang ingin menuangkan hobi menulis, membaca dan bercerita tentang seputar dunia proyek.
Salam dan Sukses
AW_MEDIA
Jangan lupa lihat link Youtubenya ya...
Silahkan lihat artikel lainnya :
- DEFINISI ALAT ANGKAT DAN ANGKUT
- JENIS - JENIS ALAT ANGKAT DAN ANGKUT
- FORKLIFT
- TRUCK MOUNTED CRANE ( TMC )
- REACH STACKER
MENGENAL ALAT ANGKAT DAN ANGKUT
Selamat dan sukses untuk para pekerja proyek..salam satu proyek...semoga apa yang dilakukan hari akan membawa berkah buat rekan - rekan semuanya, sehat selalu dalam beraktifitas...Salam.
" SAFETY FIRST "
Salam untuk semua pembaca setia artikel AW_Media pastinya sudah tahu ya..tentang judul di atas...yaitu alat angkat dan angkut, bagi rekan - rekan yang belum mengenal..yuu..kita lanjutkan baca artikel ini sampai selesai. Pada artikel sebelumnya saya sudah tuliskan tentang alat angkat 3 jenis alat angkat berat dan alat angkut Jenis alat angkut berat secara terpisah, di artikel ini saya akan jelaskan tentang alat angkat juga digunakan sebagai alat angkut.
DEFINISI ALAT ANGKAT DAN ANGKUT
Definisi alat angkat dan angkut adalah suatu alat atau mesin yang digunakan untuk mengangkat beban, alat ataupun material dan memindahkan dari lokasi satu ke lokasi lainnya dengan jarak yang sudah ditentukan atau ke tempat yang berbeda.
Dibawah ini beberapa kendaraan atau alat yang terkait dengan alat angkat dan angkut.
JENIS - JENIS ALAT ANGKAT DAN ANGKUT
Secara fungsi jenis alat angkat dan angkut adalah suatu alat untuk mengangkat beban dan memindahkan ke lokasi lain. Jenis alat ini secara umum terbagi dua yaitu manual dan otomatis. Apa itu alat angkat dan angkut manual dan otomatis..?
Alat angkat dan angkut manual adalah suatu alat pengangkat dan pengangkut yang dilakukan secara manual, yaitu menggunakan tenaga manusia sebagai pengangkat dan pembawa beban nya, contoh : Hand pallet, Trolley dan sejenisnya, sedangkan alat angkat dan angkut otomatis adalah suatu alat pengangkat dan pengangkut beban menggunakan mesin jadi tenaga manusia hanya digunakan untuk mengoperasikan saja. Alat atau mesin ini secara umum bisa menggunakan energi Bahan bakar minyak, Gas dan listrik. Dibawah ini contoh beberapa alat angkat dan angkut otomatis atau yang menggunakan mesin.
1. FORKLIFT
Jika dilihat dari bahasanya forklift artinya garpu mengangkat, secara definisi forklift adalah alat atau mesin yang digunakan untuk mengangkat beban dan memindahkan dari suatu tempat ke tempat lainnya dengan jarak yang sudah ditentukan atau ke lokasi berbeda. Contohnya mengangkat dan memindahkan benda dari gudang A ke gudang B dengan jarak antar gudang 1 km.
Jenis forklift ini banyak macamnya dengan beban angkat yang berbeda - beda pula, yang umum digunakan mulai dari 3 ton sampai 15 ton. begitu pula fungsinya ada yang digunakan untuk mengangkat beban di atas pallet, peti kemas, drum, kantong material, pipa dan lain sebagainya.
Mari kita sama - sama mengenal apa itu forklift dan bagian - bagian utamanya.
Photo by AW_Media |
Berdasarkan laman dari Indotara secara umum forklift terdiri dari beberapa bagian utama, diantaranya yaitu :
Design by AW_Media |
Yuu..kita kenalan sama kendaraan angkat dan angkut bergerak jenis forklift ini dengan mengetahui fungsi pada bagian - bagian utamanya.
> MAST
Mast adalah dua buah tiang yang terbuat dari besi yang kokoh yang berfungsi sebagai penyangga forklift sekaligus tempat kedudukan dari carriage, hydrolic lifting system, Backrest dan komponen lainnya.
> BACKREST
Backrest berfungsi sebagai pengaman pada saat forklift membawa beban yang tinggi dan pada saat caariage di miringkan ( tilt ). terbuat dari besi yang kokoh seperti bentuk pagar.
> CARRIAGE
Carriage adalah sebagai penghubung antara fork dengan mast, di tempat inilah fork di tempatkan, bisa di geser ke kanan atau ke kiri sesuai dengan lebar muatan yang akan diangkat. Juga sebagai sandaran atau pengaman pada saat forklift berjalan.
> FORK
Fork adalah bagian penting dari sebuah kendaraan forklift, fork berarti garpu karena berfungsi sebagai pengangkat beban atau sebagai tumpuan beban pada saat diangkat dan bergerak atau berjalan. Fork ini ada bermacam - macam bentuk sesuai dengan penggunaannya, tetapi secara umum fork yang sering kita jumpai adalah berbentuk dua buah besi lurus dengan panjang rata - rata 2,5 meter.
> OPERATOR CABIN
Operator cabin atau di sebut ruang operator adalah tempat operator forklift untuk mengoperasikan kendaraan forklift mulai dari mengangkat sampai memindahkan beban. Ruang operator ini terdiri dari perangkat mekanik mulai dari stir, pedal gas dan rem, tuas untuk naik turun dan tuas untuk miring dan komponen lainnya termasuk perangkat listriknya.
> COUNTER WEIGHT
Counter weight adalah pemberat kendaraan yang ada di bagian belakang dan menyatu dengan body forklifnya. berfungsi sebagai penyeimbang atau menstabilkan forklift pada saat mengangkat dan membawa beban.
Nah..itulaha beberapa keterangan terkait fungsi dari bagian - bagian utama sebuah kendaraan Forklift.
2. TRUCK MOUNTED CRANE ( TMC )
Selanjutnya alat angkat dan angkut otomatis lainnya adalah Truck Mounted Crane atau TMC. Kendaraan ini sangat flexible dan mampu mengangkat dan mengangkut beban berat atau kendaraan berat. Banyak digunakan oleh perusahaan kontraktor, penyewaan alat berat, dan sejenisnya.
Kendaraan ini mempunyai boom lift seperti crane pada umumnya, outriger, tuas pengatur dan kursi operator, semuanya menyatu dengan rangka kendaraan truknya. truknya mempunyai landasan baja yang flat yang berfungsi untuk meletakan alat, material, equipment dan sejenisnya dan di sisi truknya terdapat ring guide atau hook yang berfungsi untuk tempat mengikat beban diatasnya.
Jadi secara fungsi kendaraan ini akan mengangkat beban menggunakan boomliftnya lalu memindahkan ke badan truk yaitu landasan plat baja lalu beban tersebut diikat kuat, jika sudah semuanya aman "safety" kendaraan truk ini akan bergerak memindahkan beban tersebut ke tempat yang dituju atau ke lokasi yang berbeda. Daya angkat sebuah TMC rata - rata dan yang umum digunakan adalah 3.5 ton sampai 15 ton, biasanya jika beban sudah di atas 15 ton, operator akan menggunakan crane untuk mengangkat dan truk trailer untuk memindahkannya.
Photo by AW_Media |
Nah...untuk rekan - rekan yang bekerja di proyek, pastinya sudah pada tahu ya..kendaraan alat angkat dan angkut tersebut ( photo di atas ). Seperti biasa kita akan mengenal lebih jauh tentang bagian - bagian utama kendaraan tersebut, di antaranya :
Design by AW_Media |
Beberapa fungsi utama dari sebuah kendaraan TMC adalah sebagai berikut :
> STEERING CABIN
Steering Cabin atau ruang kemudi berfungsi sebagai tempat operator TMC mengendarai kendaraan tersebut sama seperti kendaraan truk pada umumnya dan tidak ada perbedaan sama sekali.
> OPERATOR CHAIR
Operator chair adalah tempat duduk untuk operator TMC atau operator boom lift, ini yang membedakan antara truk biasa denga truk TMC, karena truk TMC terdapat kursi operator untuk mengoperasikan crane di area belakan steering cabin. Di tempat kursi operator ini terdapat terdapat beberapa tombol dan tuas untuk mengoparasikan crane.
> BOOM LIFT
Boom lift adalah sebuah lengan teleskopik yang dapat dioperasikan maju dan mundur sesuai dengan yang diinginkan, terdapat pulley dan hook untuk mengaitkan wire sling atau webbing sling.
> MAST
Mast adalah sebuah sebuah struktur tiang yang kokoh sebagai tempat kedudukan boomlift, hydrolik, kursi operator, tangga operator serta komponen - komponen lainnya. Selain itu pula terdapat slewing mechanism yang dapat membuat mast tersebut dapat berputar 360 derajat. Mast tersebut bertumpu pada chassis atau rangka kendaraan truk itu sendiri dan diikat dengan baut yang sangat kuat, sehingga kokoh dan stabil.
> OUTRIGGER
Outrigger adalah sebuah tambahan kaki - kaki yang dapat keluar dan masuk menggunakan hydrolik yang terdapat pada TMC tersebut. Fungsi utama outrigger ini adalah untuk menopang dan menjaga kestabilan kendaraan TMC pada saat mengangkat beban dan memindahkan ke area landasan truknya. Sebelum melakukan pengangkatan outrigger akan di keluarkan dan diturunkan sampai badan truknya terangkat, jadi yang menopang truk nya bukan lagi roda kendaraan tapi outriggernya.
> TRUCK BED
Truk bed adalah sebuah landasan flat yang terdapat pada badan truk yang terbuat dari plat baja yang kuat. Fungsi nya adalah untuk menempatkan beban berupa material, alat - alat, mesin dan sejenisnya.
Itulah beberapa fungsi dari beberapa bagian utama dari sebuah TMC atau Truck Mounted Crane, dan masih banyak bagian - bagian lainnya yang sangat penting juga tapi tidak saya jelaskan di sini secara detail.
3. REACH STACKER
Ada lagi kendaraan yang masuk dalam kategori alat angkat dan angkut otomatis yaitu kendaraan Reach Stacker yaitu kendaraan angkat dan angkut ini khusus mengangkat peti kemas atau kontainer dan memindahkan ke tempat lain. Memang kendaraan ini hanya digunakan didalam area saja, maka dari itu kendaraan jenis ini jarang kita temui di jalan - jalan pada umumnya. Kendaraan ini banyak digunakan oleh perusahaan cargo peti kemas, pelabuhan peti kemas, pergudangan khusus peti kemas.
Photo by AW_Media |
Secara fungsi hampir sama dengan Forklift pada umumnya, bagian - bagian utamanya terdiri dari, Boomlift, Operator Cabin, Counter weight, Spreader bar, Rotator atau Swing Rotator.
Fungsi bagian - bagian utama kendaraan Reach Stacker
Photo by AW_Media |
> COUNTER WEIGHT
Counter weight adalah pemberat kendaraan yang ada di bagian belakang dan menyatu dengan body kendaraanmya. berfungsi sebagai penyeimbang dan menstabilkan kendaraan ini pada saat mengangkat dan membawa beban.
> BOOM LIFT
Boom lift adalah sebuah lengan teleskopik yang dapat dioperasikan maju dan mundur sesuai dengan yang diinginkan, boom lift ini ditopang oleh dua buah hydrolik yang berfungsi untuk mengangkat beban dan boom lift itu sendiri. Pada boom lift ini juga terpasang swing rotary dan spreader bar.
> SPREADER BAR
Bagian yang terpasang pada boom lift yaitu spreaderbar yang berfungsi untuk mengangkat peti kemas atau kontainer. Pada spreaderbar ini terdapat empat pengait ( Hook ) yang berfungsi untuk menjepit peti kemas pada setiap ujung - ujungnya. Spreaderbar ini dapat memanjang dan memendek sesuai ukuran peti kemas yang diangkatnya menggunakan system hydrolik yaitu 20 feet sampai 40 feet.
Pada spreaderbar ini juga terdapat swing rotator yang berfungsi untuk memutar dan meratakan spreaderbar pada saat menyusun peti kemas.
Itulah sedikit gambaran mengenai fungsi dari bagian - bagian utama kendaraan reach stacker. Silahkan lihat link video ini tentang Reach Stacker
Baiklah rekan - rekan pembaca setia, selain contoh di atas ada beberapa alat angkat dan angkut lainnya yang tidak saya jelaskan di sini, seperti handpallet manual dan otomatis, forklift khusus pergudangan, dan sejenisnya.
Semoga artikel yang saya tulis ini bermanfaat dan berguna buat rekan - rekan pembaca semuanya dan menjadi sumber inspirasi buat rekan - rekan yang ingin menuangkan hobi menulis, membaca dan bercerita tentang seputar dunia proyek.
Salam dan Sukses
AW_MEDIA
Jangan lupa lihat link Youtubenya ya...
Silahkan lihat artikel lainnya :
0 comments:
Posting Komentar